Kamis, 18 Oktober 2012

Biografi Iker Casillas


Iker Casillas yang justru menjadi tulang punggung serta ikon tim yang dibelanya. 
Bersama dengan Real Madrid yang kini dibelanya, pemain dengan nama lengkap Iker 
Casillas Fernández tersebut telah memenangi beberapa penghargaan bergengsi baik secara tim maupun secara individual. Iker Casillas hingga kini juga tetap menjadi kiper nomor satu di timnas Spanyol. Pengalaman serta pergaulannya bersama dengan pemain lain mampu menghadirkan sebuah tim yang berkualitas

Iker Casillas yang lahir pada tanggal 20 Mei 1981 tersebut telah 13 tahun membela Real Madrid sejak 1999 bergabung dengan tim senior. Namun sebelumnya ia sudah membela tim junior sejak tahun 1990. Bisa dibilang Casillas adalah pemain hasil binaan Real Madrid. Dan dengan umurnya yang sekarang ini, Casillas termasuk penjaga gawang yang masih muda dan memiliki banyak kesempatan untuk terus berkarier sebagai pemain. Dan bukan tidak mungkin jika posisinya sebagai penjaga gawang utama Spanyol juga masih belum tergantikan oleh pemain lain. Respon serta teknik yang dimiliki oleh Casillas adalah kunci dari kesuksesannya selama ini
Untuk anda yang suka dengan Iker Casillas dan ingin tahu lebih jauh mengenai pemain favorit anda, berikut adalah profil serta kariernya sebagai pemain sepak bola 

Nama lengkap : Iker Casillas Fernández
Nama panggilan : Saint Iker, Saint Iker de Madrid
Tanggal lahir : 20 Mei 1981 (umur 29)
Tempat lahir : Mostoles, Spanyol
Tinggi : 1.82 m (5 ft 12 in)
Posisi bermain : Penjaga gawang
Klub saat ini : Real Madrid
Nomor Punggung : 1

Karier junior
1990–1998 Real Madrid Youth
1998–1999 Real Madrid C
1999–2000 Real Madrid B 

Karier senior
1999– Sekarang = Real Madrid

Tim nasional
2000– Sekarang = Spanyol

Ketika ia masih kecil, ia tinggal selama beberapa tahun di Basque Country, tapi dia selalu menganggap Madrid sebagai kampung halamannya. Iker memiliki saudara, tujuh tahun lebih muda, bernama Unai, yang saat ini bermain sebagai gelandang tengah untuk Mostoles CD.

Casillas adalah produk asli binaan Real Madrid, dan mulai di skuadjunior selama musim 1990-1991. Dia pertama kali dipanggil ke tim senior pada 27 November 1997 pada usia 16 untuk menghadapi Rosenborg di Liga Champions, tapi tidak sampai musim 1998-1999 ia memulai debutnya di tim senior, menggantikan Bodo Illgner. Pada musim berikutnya, ia kembali menjadi pilihan pertama. Pada tahun 2000, ia menjadi kiper termuda yang pernah bermain di final Liga Championssaat Real Madrid bertemu Valencia, hanya empat hari setelah ulang tahun kesembilan belas-nya.

Casillas kehilangan tempatnya utama kala berpenampilan buruk di musim 2001-2002, tapi ditebus dirinya sendiri ketika Sánchez mengalami cedera di menit terakhir pertandingan final Liga Champions tahun 2002.Casillas datang dan melepas beberapa penyelamatan brilian sekaligusmenahan Bayer Leverkusen mendapatkan mahkota Liga Champions.Real Madrid menang 2-1.

Musim 2007-2008 adalah musim yang indah bagi Casillas. Dia membantu Real Madrid merebut kembali gelar ke-31 La Liga dan hanya kebobolan 32 gol dalam 36 pertandingan untuk mengklaim TrophyZamora. Pada tanggal 14 Februari 2008, dia dan kapten klub, RaulGonzález diberikan perpanjangan kontrak baru. Casillasmenandatangani perpanjangan kontrak yang akan membuatnya tetap di klub sampai 2017, dengan perpanjangan otomatis jika ia memainkan 30 pertandingan kompetitif selama musim akhir dari kontrak dan klausulbuy-out dari £ 113.000.000.

Pada bulan Februari 2009, Casillas menyamai rekor Paco Buyo dari 454pertandingan dimainkan (untuk seorang penjaga gawang) dan sejak saat itu ia menjadi pemain yang paling sering bermain untuk Real Madridsepanjang waktu pada usia dua puluh tujuh tahun.

Selama jendela transfer musim panas 2009, beberapa media Spanyolmelaporkan bahwa Manchester City telah membuat rekor tawaransebesar £ 129.000.000 tawaran sang kiper. Namun klub membantah tuduhan itu. Manchester United dikabarkan telah bertanya tentang dia, tapi tidak ada harga yang diinginkan. Ia telah dikaitkan dengan klubPremier League lain sebelumnya, tetapi Casillas sendiri menyatakanbahwa ia "tidak punya niat meninggalkan" klub masa kecilnya.

Selama musim 2009-2010, pada tanggal 4 Oktober dalam pertandingan melawan Sevilla FC, ​​Casillas membuat penyelamatan yang luar biasa, iaberlari untuk menyangkal Diego Perotti dalam pertemuan satu-satujarak dekat. Setelah pertandingan, ia menerima pujian dari sesama kiperSpanyol dan legenda kiper Inggris Gordon Banks, yang menyatakan"refleks Casillas 'yang luar biasa. Jika dia terus bermain dengan baik ia akan menjadi salah satu kiper terbaik dalam sejarah permainan...". Europa Press melaporkan bahwa Casillas adalah olahragawan paling populer Spanyol nomor-2 di internet sepanjang tahun 2010. Penelitianyang dilakukan oleh perusahaan Vipnet360 memeriksa keberadaan webpada platform seperti Facebook, Twitter dan YouTube.

Casillas memulai debutnya untuk tim nasional di tingkat U-17. Pada usia16, ia adalah pemain termuda dalam skuad Spanyol di Kejuaraan Piala Dunia U-17 1997 di Mesir. Ia kemudian menjadi kapten U-17. Dua tahun kemudian, ia memenangkan Kejuaraan Dunia FIFA Pemuda danUEFA-CAF Meridian Cup di tahun yang sama. Awalnya menjadi pilihankedua, tapi ia segera meniti karier menjadi pilihan pertama dan akhirnyamendapatkan penampilan pertamanya untuk tim senior mengikuti beberapa penampilan cemerlang di level klub. Karir gemilang di timnas seakan tidak mau pergi darinya, sampai pada tanggal 11 Juli 2010, iamenjadi kapten Spanyol untuk Thropy Dunia pertama mereka setelahmenang 1-0 melawan Belanda. Dengan demikian ia menjadi kipersekaligus kapten ketiga yang memenangkan Piala Dunia (bersama dengan Gianpiero Combi di 1934 dan Dino Zoff di 1982). Dia terpilih sebagai kiper terbaik turnamen ini dan diberikan sarung tangan Emas.Selama putaran final di Afrika Selatan ia membuat lima clean sheet,.Kebobolan dua gol, dan menyelamatkan penalti di perempat finalmelawan Paraguay. Di final, ia membuat dua penyelamatan penting dariArjen Robben.

Share This!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates