Adf.ly

Minggu, 10 Agustus 2014

OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)





SEJARAH OOP
Konsep OOP dimulai pertengahan 1960-an dengan sebuah bahasa program SIMULASMALLTALK. Meskipun developer software tidak secara intensif mengembangkan OOP, tetapi metodologi object-oriented tetap digunakan sampai sekarang. kemudian dilanjutkan di era 70-an dengan Pada pertengahan 80-an, bahasa OOP seperti C++ dan Eifle menjadi popular diantara programmer komputer. Popularitas OOP berlanjut pada tahun 90-an, banyak pengembang perangkat lunak menggunakan konsep OOP seperti yang dilakukan pada Java dan kemudian PHP yang menjadi popular sekarang. Di tahun 2002, versi terakhir dari Visual Studio, Microsoft-pun ikut memperkenalkan bahasa OOP baru yaitu C# (dibaca C-sharp) serta penyempurnaan Visual Basic 6.0 yang tidak mendukung OOP menjadi VB.NET sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek.


Pengertian Object Oriented Programming (OOP)
Pemrograman berorientasi Objek yang dalam istilah Inggris disebut sebagai Object Oriented Programming (disingkat OOP) adalah salah satu pendekatan pemrograman atau paradigma untuk pengembangan / development suatu perangkat lunak komputer dimana dalam struktur perangkat lunak tersebut didasarkan kepada interaksi objek dalam penyelesaian suatu proses / tugas. Jika kita mencoba melihat bagaimana tugas disekitar kita diselesaikan, kita akan mengetahui bahwa kita berinteraksi dalam sebuah object-oriented world. Jika akan bepergian kita pasti berinteraksi dengan objek mobil. Sebagai sebuah objek, mobil berisi objek-objek lain yang berinteraksi untuk melakukan tugasnya membawa kita.
Pemrograman ini mempertinggi kualitas dan produktifitas pengembangan software. Program pengembangannya dilakukan dengan pendekatan building block. Setiap block, disebut object, bersifat independen dan mampu berjalan sendiri atau saling kunci dengan object lain dengan mudah dan otomatis. Object-object berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya. Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri (encapsulation) dan object yang dapat dikaitkan (inheritan).
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

Konsep OOP (Object Oriented Programming) 
CLASS
Kelas adalah sekumpulan obyek yang memiliki method-method dan jenis data yang sama. Dengan kata lain kelas dapat dikatakan sebagai suatu struktur dalam program yang berisi satu atau beberapa metode (dapat berupa fungsi dan prosedur). Kelas dapat juga dikatakan sebagai bentuk logika dimana seluruh bahasa berorientasi objek dibangun. kelas mendefinisikan bentuk dan sifat/kelakuan/perilaku objek. Semua konsep/abstraksi yang kita implementasikan di java harus dikapsulkan/dikemas dalam kelas.

OBJECT
Objek dapat dikatakan sebagai sebuah entitas yang memiliki kumpulan dari data serta method-method yang bekerja pada data tersebut. Data dan method-method suatu kelas mendefinisikan isi dan sifat tersebut. Baik dalam dunia nyata atau dalam sebuah program, sebuah objek memiliki dua karakteristik, yaitu state dan behaviour. State adalah keadaan dari sebuah objek, seperti mobil memiliki state warna, model, tahun pembuatan, kondisi, dll. Sedang behaviour adalah kelakuan dari objek tersebut, seperti mobil dapat melaju, membelok, membunyikan klakson, dll. Objek menyimpan statenya dalam satu atau lebih variabel, dan mengimplement.

ABSTRACTION
Ketika membangun objects dalam aplikasi OOP, adalah penting untuk menggabungkan konsep abstraction ini. Jika kamu membangun aplikasi shipping, kamu harus membangun object produk dengan atribut seperti ukuran dan berat. Warna adalah contoh informasi yang tidak ada hubungannya dan harus dibuang. Tetapi ketika kamu membangun order-entry application, warna menjadi penting dan harus termasuk atribut object produk.

METHOD
Method implementasi operasi disuatu class; artinya, Method atau operasi adalah implementasi dari layanan yang dapat diminta dari sebuah objek dari sebuah class yang menentukan tingkah lakunya. Sebuah operasi dapat berupa perintah ataupun permintaan. Sebuah permintaan tidak boleh mengubah kedudukan dari objek tersebut. Hanya perintah yang dapat mengubah keadaan dari sebuah objek. Keluaran dari sebuah operasi tergantung dari nilai keadaan terakhir dari sebuah objek.
Method dapat juga disebut behavior. Behavior dapat mempengruhi state. Method serupa dengan fungsi dan prosedur dibahasa pemrograman algoritma. Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan tugas menjadi satu unit tersendiri.  Method merupakan sarana untuk melakukan abstraksi prosedural.

EVENT
Event adalah kejadian atau segala sesuatu yang dapat dialami oleh sebuah objek. Suatu kontrol (objek) dapat memiliki banyak event.


PROPERTIES
Properti adalah atribut-atribut yang melekat pada sebuah kontrol (objek) yang biasanya merupakan karakteristik penampilannya seperti warna, jenis huruf, ukuran dan sebagainya. Properti sebuah kontrol (objek) dapat diubah pada saat memprogram (menggunakan jendela properti) atau pada saat program dijalankan (menggunakan kode-kode program pada jendela kode).

ENCAPSULATION
Ciri penting lainnya dari OOP adalah encapsulation. Encapsulation adalah sebuah proses dimana tidak ada akses langsung ke data yang diberikan, bahkan hidden. Jika kamu ingin mendapat data, kamu harus berinteraksi dengan object yang bertanggung jawab atas dara tersebut.

Sumber 1 
Sumber 2 
Sumber 3 
Sumber 4 

Share This!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates