Adf.ly

Jumat, 25 Januari 2013

DEBIAN 6.0


DEBIAN 6.0



Debian - 
awal Februari 2011 pengembang Debian telah secara resmi mengumumkan peluncuran sistem operasi terbaru mereka.

Setelah dua tahun dalam masa pengembangan, tim pengembang proyek Debian dengan bangga mengumumkan pada hari ini, 6 Februari, ketersediaan untuk di-download versi terbaru dan stabil dari sistem operasi Debian 6.0 (Squeeze).

Dijuluki Squeeze, Debian 6.0 memuat banyak update aplikasi, perbaikan dan fitur-fitur baru. Empat lingkungan desktop penting (KDE, GNOME, Xfce dan LXDE) turut disertakan, kompatibilitas dengan FHS 2.3. Dukungan untuk sembilan arsitektur (32-bit PC / Intel IA-32 (i386), Intel Itanium (ia64), 64-bit PC / Intel EM64T / x86-64 (amd64), Sun/Oracle SPARC (sparc), Motorola/IBM PowerPC (powerpc), MIPS mipsel (little-endian) serta (mips (big-endian)), IBM S/390 (s390) dan ARM EABI (armel)) menjadikan Debian 6.0 sebagai ditro yang kuat dan stabil.

"Debian berjalan pada komputer mulai dari palmtop dan sistem genggam hingga superkomputer. Sebanyak sembilan arsitektur didukung oleh Debian GNU/Linux: 32-bit PC / Intel IA-32 (i386), 64-bit PC / Intel EM64T / x86-64 (amd64), Motorola/IBM PowerPC (powerpc), Sun/Oracle SPARC (sparc), MIPS (mips (big-endian) serta mipsel (little-endian)), Intel Itanium (ia64), IBM S/390 (s390), dan ARM EABI (armel)" - Dinyatakan dalam pengumuman rilis.


Ikhtisar Debian 6.0:
Linux kernel 2.6.32;
X.Org 7.5;
KDE Software Compilation 4.4.5;
GNOME 2.30;
Xfce 4.6;
LXDE 0.5.0;
OpenOffice.org 3.2.1;
GIMP 2.6.11;
Iceweasel 3.5.16;
Icedove 3.0.11;
PostgreSQL 8.4.6;
MySQL 5.1.49;
GCC 4.4.5;
Apache 2.2.16;
Samba 3.5.6;
Python 2.6.6, 2.5.5 and 3.1.3;
Perl 5.10.1;
PHP 5.3.3;
Asterisk 1.6.2.9;
Nagios 3.2.3;
Xen Hypervisor 4.0.1 (dengan dukungan untuk dom0 dan domU);
OpenJDK 6b18;
Tomcat 6.0.18;
Dan lebih dari 29.000 aplikasi lain, dibangun dari sekitar 15.000 sumber paket.
Debian 6.0 juga mencakup lebih dari 10.000 paket-paket baru seperti web browser Chromium, Icinga solusi pemantauan sumber terbuka, Software Center manajemen paket front-end, wicd network manager, Corosync cluster framework dan lxc Linux container utilities.

"Dengan pilihan paket yang luas, sekali lagi Debian tetap setia dengan tujuan menjadi sistem operasi universal. Sangat cocok untuk banyak kasus penggunaan yang berbeda: Dari sistem desktop hingga netbook; dari server pengembangan hingga sistem cluster; dan untuk database, web atau server penyimpanan".

"Pada saat yang sama, penambahan jaminan yang berkualitas seperti instalasi otomatis dan pengujian upgrade untuk semua paket dalam arsip Debian, memastikan bahwa Debian 6.0 memenuhi harapan tinggi bahwa pengguna memiliki sebuah rilis Debian yang stabil. Ini adalah sistem yang kokoh dan teruji".

Proses instalasi Debian 6.0 (Squeeze) telah sangat ditingkatkan dalam berbagai cara. Misalnya, sekarang termasuk pilihan pengaturan keyboard dan bahasa yang lebih mudah, pemartisian dan volume logical dan dukungan untuk sistem encrypted dan RAID.

Debian 6.0 juga membawa dukungan untuk file sistem populer dan modern EXT4 dan Btrfs, dan dukungan untuk file sistem ZFS (Zettabyte) di arsitektur kFreeBSD. Sistem instalasi untuk Debian 6.0 telah diterjemahkan dalam 70 bahasa.


 




SPESIFIKASI HARDWARE MINIMUM DEBIAN
Pada dasarnya Spesifikasi Minimum Debian 5 “lenny” dengan yang 6 “squeeze” itu sama saja, walaupun Lenny menggunakan 1 DVD dan squeeze 2 DVD. Hanya paket pada squeeze lebih banyak, itu saja.
Untuk Spoesifikasi hardware Minimum, ditentukan mau menginstall Basis Text saja atau yang GUI. Itu berbeda. karena untuk GUI tentu saja harus yang lebih besar, khususnya pada Harddisk. Saya sudah Searching-searching google, dan hasilnya ini.
Spesifikasi hardware Minimum Text Mode :
1. Pentium 4 1 Ghz
2. 64 Mb RAM
3. 1,5 Gb
untuk spesifikasi hardware minimum GUI mode :
1. Pentium 4 1 Ghz
2. 64 Mb RAM
3. 5 Gb




Langkah-langkah Menginstal Linux Debian Berbasis Text
1. Nyalakan komputer dan masukkan CD installer sistem operasi Linux Debian.
2. Ubah first boot device pada BIOS menjadi CD-ROM.
3. Tekan enter untuk masuk ke boot Debian.
4. Lalu pilih bahasa yang akan digunakan, kita pilih yang Indonesia, lalu enter.
5. Selanjutnya muncul pilih layout keyboard, kita pilih yang Inggris Amerika, lalu enter.
6. Setelah itu tunggu proses deteksi hardware untuk penggerak CD-ROM.
7. Selanjutnya muncul deteksi hardware jaringan, kita pilih yang tanpa kartu Ethernet, lalu enter.
8. Setelah itu akan muncul mengkonfigurasi jaringan, lalu pilih teruskan,kemudian pilih untuk melanjutkan proses instalasi.
9. Setelah itu isi nama host untuk sistem ini, contohnya latief, lalu pilih teruskan dan enteruntuk melanjutkan.
10. Setelah itu tunggu proses untuk memulai program pemartisi harddisk.
11. Selanjutnya muncul partisi harddisk, kita pilih terpadu gunakan seluruh harddisk, laluenter.

12. Selanjutnya muncul pilih harddisk yang akan dipartisi, lalu enter.
13. Muncul pola partisi, pilih yang pertama, lalu enter.
14. Setelah itu muncul panduan tentang proses partisi pilih yang kedua, lalu enter untuk melanjutkan.
15. Selanjutnya tuliskan perubahan yang terjadi pada harddisk, kita pilih ya, lalu enter untuk melanjutkan.
16. Setelah itu muncul mengkonfigurasi zona waktu, pilih zona waktu yang sesuai dengan zona waktu anda, lalu enter untuk melanjutkan.
17. Selanjutnya membuat password untuk root, kita tulis sesuai yang kita inginkan, lalu pilihteruskan, lalu tekan enter untuk melanjutkan.
18. Selanjutnya tulis ulang kembali password yang barusan anda buat untuk mengkonfirmasi kebenaran password tersebut, lalu pilih teruskan dan enter untuk melanjutkan.
19. Setelah itu tulis nama lengkap dari pengguna, contohnya latief lalu pilih teruskan danenter untuk melanjutkan.
20. Selanjutnya tulis nama untuk akun anda, contohnya latief lalu pilih teruskan dan enteruntuk melanjutkan.
21. Setelah itu masukan password untuk pengguna baru, lalu pilih teruskan dan enter untuk melanjutkan.
22. Lalu masukan kembali password untuk mengkonfrmasi kebenaran password, lalu pilihteruskan dan enter untuk melanjutkan.
23. Setelah itu tunggu proses memasang sistem dasar.
24. Setelah itu muncul jendela gunakan suatu jaringan cermin, kita pilih tidak, lalu enteruntuk melanjutkan.
25. Setelah itu muncul jendela seperti gambar di bawah ini, kita pilih teruskan dan enteruntuk melanjutkan.
26. Setelah itu tunggu proses memilih dan memasang perangkat lunak.
27. Setelah itu muncul survey penggunaan paket debian, kita pilih ya, lalu enter untuk melanjutkan.
28. Selanjutnya memilih perangkat lunak yang akan diinstall (sudah tertera), kita pilihteruskan, lalu enter untuk melanjutkan.
29. Selanjutnya memilih resolusi gambar (sudah tertera), kita pilih teruskan, lalu enter untuk melanjutkan.
30. Selanjutnya tunggu proses memasang boot loader GRUB.
31. Selanjutnya memasang boot loader GRUB, kita pilih ya, lalu enter untuk melanjutkan.
32. Setelah itu instalasi selesai, kita pilih teruskan, lalu enter untuk melanjutkan.
33. Setelah proses instalasi selesai, nanti akan muncul tampilan nama pengguna, lalu kitamasukan nama pengguna seperti yang kita buat pada saat proses instalasi (latief), laluenter untuk melanjutkan.
34. Selanjutnya kita akan diminta untuk memasukan password, kita masukan passwordsesuai yang kita buat pada saat proses instalasi, lalu enter untuk melanjutkan.
35. Setelah proses instalasi yang begitu lama akhirnya instalasi Debian selesai juga dan Debian siap digunakan oleh anda.

Kelebihan dan Kekurangan Debian
Debian hadir dengan membawa beberapa kelebihan dan kelemahan, yaitu sebagai berikut :
Kelebihan Debian
Beberapa kelebihan dari system operasi debian antara lain sebagai berikut:
- Free Software, artinya dapat mengambil/ menyalin source program Linux tanpa dikenai biaya dan dapat memperbanyak, memodifikasi serta menyebarluaskan secara bebas
- Open Source, artinya semua listing program dari source code sistem operasi tersebut dapat dilihat dandimodifikasi tanpa adanya larangan dari siapapun
- Kestabilan program yang telah teruji, sistem tidak mudah mengalami hang, walaupun telah menjalankan program secara terus menerus dalam kurun waktu yang relatif lama yaitu lebih dari satu bulan, dengan tanpa harus melakukan restart.
- Debian Linux merupakan sistem operasi cross platform yang dapat dijalankan pada hampir semua jenis/tipe komputer yang ada saat ini.
- mudah dipelihara
- sangat stabil
- jarang down kecuali:
o kerusakan perangkat keras
o update kernel
o mati listrik
Dapat dijabarkan disini untuk kebutuhan spesifikasi perangkat kerasnya, Debian Linux mendukung hampir semua jenis/ tipe komputer, yaitu mulai generasi processor sekelas intel 80386, 80486, sampai Pentium dengan berbagai klasnya. Sedangkan kapasitas hardisk yang dibutuhkan untuk menginstalasi Debian Linux pada server minimal 1,6 GB dan untuk client atau workstation membutuhkan space minimal 600 MB.
Untuk mendukung paparan tersebut, pada September 2005 yang lalu telah dilakukan percobaan penerapan instalasiserver pada komputer desktop dengan spesifikasi :
• Processor : Intel Pentium 4.3.06 Ghz
• Memori : DDR 256 PC 3200
• Hardisk : Seagate 80 GB
• Graphics : Intel On board
• OS : Debian 3.1. Sarge
• Webserver : Apache 2.1
• DBMS : PostgreSQL 8.1
• Lainnya : PHP 4.3, PostgreSQL management tool
Terlepas dari beberapa kelebihannya yaitu seperti yang disebutkan diatas, system operasi debian memiliki beberapa kelemahan, yaitu sebagai berikut :
- Yang jadi kelemahan debian bagi user adalah versi software yang dipakai, biasanya versi yang dipakai debian lebih tua dari yang sudah rilis saat itu
- Sangat sulit memasukkan software versi terbaru kedalam distronya, sebelum benar benar teruji dari sisi keamanannya ataupun kestabilannya.
- Sulit dikonfigurasi pada saat install pertama kali
- Perlu repositori besar (40-60 GB )
- Perioda rilis yang konservatif
A. Kesimpulan
Debian adalah sistem operasi (SO) bebas untuk komputer. Sebuah sistem operasi adalah kumpulan program-program dasar dan utilitas yang membuat komputer Anda berjalan.
Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdoch, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993, Nama Debian berasal dari kombinasi nama mantan-kekasihnya Debra dan namanya Ian.
Debian hadir tentunya dengan beberapa kelebihan dan kekurangan, salah satunya yaitu system SO jenis ini jarang sekali down.
Kelebihan & Kekurangan Mac OS
Beberapa kelebihan yg di miliki oleh Mac OS :
1).Mac OS Tidak mudah terkena virus.
Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga akan memperlambat Anda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya.
Khususnya pada Mac OS X – dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac – dengan kecepatan yang menakjubkan.
Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.
1). Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
Pengaruh dominansi Microsoft Windows selama bertahun-tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru. Dasar pemikiran yang sama juga menjadi alasan melimpahnya aplikasi terbaru dengan system requirement Windows.


Share This!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates